Kelas Musik Tajamkan Pendengaran Anak Usai Implan Koklea




 

Anak yang mengalami masalah pendengaran bisa disembuhkan dengan pemasangan atau implan koklea (rumah siput telinga bagian dalam). Mengikuti kelas musik setelah operasi bisa mempertajam kemampuannya menangkap suara.

Implan koklea adalah prosedur penanaman alat bantu dengar berupa elektroda yang dilakukan melalui tindakan operasi pada tulang temporal untuk menggantikan fungsi koklea sebagai organ pendengaran.

Alat ini membantu mereka memahami pembicaraan dan suara lain dalam lingkungannya. Implan bekerja dengan melewati bagian telinga dalam yang rusak dan langsung menuju saraf pendengaran.

Terapi intensif yang dilakukan pasca implantasi dapat membantu anak-anak yang tuli untuk belajar berbicara dan memahami bahasa.

Namun menurut studi yang dipimpin oleh Dr. Joshua Kuang-Chao dari Chen of Cheng Hsin General Hospital di Taipei, Taiwan, anak-anak ini sulit untuk menikmati suara musik setelah melakukan implan koklea.

"Sangan penting bahwa anak-anak yang menjalani implan koklea bisa belajar untuk menghargai musik dan tujuan utama dari implantasi koklea ini adalah untuk membantu pendengaran anak-anak ini agar bisa kembali ke sekolah normal," ujar Dr Lieber Po-Hung Li yang terlibat dalam penelitian ini, seperti dikutip dari Reuters.(Referensi Sumber Bacaan)

Li menambahkan mengikuti kelas musik ini merupakan terapi yang penting, karena musik termasuk dalam tipe suara yang paling rumit di dunia. Untuk itu peningkatan persepsi ini tidak hanya mempengaruhi pengalaman musiknya tapi juga persepsi mereka terhadap jenis suara lain.

Secara keseluruhan anak kecil yang mengikuti kelas musik selama 20 bulan dapat meningkatkan persepsi suaranya menjadi 92,5 persen, sedangkan jika hanya 3 bulan saja dapat meningkatkan persepsinya sebesar 56 persen.

Untuk studi ini, peneliti menganalisis 27 anak usia 5-14 tahun yang menjalani implan koklea. Chen menemukan semakin lama anak-anak mengambil kelas musik, maka semakin baik persepsinya terhadap beberapa jenis suara.

Hasil studi ini telah diterbitkan dalam jurnal Pediatrics.

Share ke sahabat anda di :

Category Article
Terimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca "Kelas Musik Tajamkan Pendengaran Anak Usai Implan Koklea " dan bila berkenan kamu bisa share artikel tentang "Kelas Musik Tajamkan Pendengaran Anak Usai Implan Koklea " ini dengan tombol share di Atas . Semoga bacaan tentang "Kelas Musik Tajamkan Pendengaran Anak Usai Implan Koklea " Bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Jika kamu memiliki referensi lain tentang artikel ini silahkan sharing lewat kotak komentar dibawah


Artikel Terkait:

What's on Your Mind...